Cara Memasang Kabel UTP dan Konektor RJ-45 Dengan Tang Crimping

Diposting pada

AhmadKurniadi.com – Anda yang senang bergulat dengan kabel jaringan LAN, pasti sudah tidak asing lagi dengan kabel UTP dan konektor RJ-45. Kabel UTP paling sering digunakan untuk membuat jaringan LAN karena biayanya yang murah. Kabel ini mempunyai empat pasang kabel didalamnya yang dilapisi plastik. Untuk pembuatan kabel LAN UTP, ada dua jenis yang dapat dibuat, yaitu Straight dan Cross.

Cara Memasang Kabel UTP dan Konektor RJ-45

Kabel straight berfungsi untuk mengubungkan dua buah hardware yang berbeda, seperti PC ke Switch/Hub, sedangkan kabel cross berfungsi untuk menghubungkan dua buah hardware yang sama, seperti PC ke PC. Kedua jenis kabel ini hanya berbeda dari cara penyusunan warna kabel UTP. Namun saat ini kabel tipe cross sudah bisa menghubungkan PC ke switch/hub karena switch/hub terbaru sudah memiliki fitur autosense yang dapat mendeteksi tipe kabel yang terpasang.

Dalam melakukan instalasi kabel UTP dan konektor, kita memerlukan satu alat lagi yang tak kalah penting, yaitu tang crimping. Tang crimping adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengencangan kabel UTP dan konektor RJ-45.

tang crimping

Tang crimping akan menyatukan kabel UTP dan konektor RJ-45 yang semula masih dalam keadaan longgar. Dengan menggunakan tang crimping, dipastikan kekuatan dan kekencangan sambungan antar kabel sudah terjamin. Untuk jenis dan modelnya sendiri ada berbagai macam, tergantung kegunaannya, akan tetapi penggunaan tang crimping biasanya relatif sama.

Anda sudah mengerti tapi masih bingung cara menggunakan tang crimping untuk memasang kabel UTP dan konektor RJ-45? Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama-tama, anda harus mempersiapkan kabel, soket dan tang crimping. Karena kita ingin menginstal kabel LAN UTP, maka kita perlu siapkan kabel UTP dan konektor RJ-45.
  2. Pastikan besarnya kabel disesuaikan dengan ukuran soket yang tersedia.
  3. Kupas kulit kabel kurang lebih selebar 2 cm dengan menggunakan pisau tang crimping hingga nampak bagian dalam kabel yang berjumlah 8 buah kabel berwarna.
  4. Susun rapi delapan kabel yang terdapat di dalam kabel UTP, silahkan anda sesuaikan untuk membuat kabel jenis straight atau cross.
  5. Luruskan kabel yang masih kusut.
  6. Biasanya kabel masih tidak rata di ujungnya, potong ujung kabel secara bersamaan menggunakan tang crimping hingga ujungnya rata.
  7. Setelah anda yakin urutan warna dan ujung kabelnya sudah rata, masukkan kabel ke dalam konektor RJ-45 hingga semua ujung kabel menyentuh ujung konektor.
  8. Jika sudah dipastikan semua ujung kabel menyentuh ujung konektor, jepit konektor menggunakan tang crimping. Ini akan membuat pin yang terdapat di ujung konektor menancap di masing-masing kabel.
  9. Langkah terakhir adalah menguji coba kabel tersebut. Anda bisa menggunakan LAN Tester, apabila semua lampu menyala berarti kabel anda sudah bisa digunakan.

Mungkin dalam pemasangan kabel UTP dan konektor RJ-45 diatas sering terjadi kesalahan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kabel UTP putus di tengah-tengah, kualitas konektor RJ-45 yang kurang bagus, ataupun cara pemasangannya ada yang salah (misal ada ujung kabel yang tidak mentok di ujung konektor). Maka dari itu, pastikan semua langkah diatas telah dilakukan secara benar.

Untuk mendapatkan tang crimping yang bagus, berkualitas, dan beragam, anda tak perlu pusing-pusing lagi mencari di pasar. Cukup dengan mengunjungi MatahariMall.com, situs perdagangan elektronik asal Indonesia yang menyediakan lebih dari ratusan ribu produk untuk segala kebutuhan. Tersedia harga tang crimping mulai dari Rp50.000 hingga Rp550.000. Buat apa susah cari tang crimping, kalau ia sudah bisa pesan lewat smartphone anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *