Berapa Nominal Yang Tepat Untuk Pengajuan Kredit Tanpa Agunan?

Diposting pada

AhmadKurniadi.com – Menggunakan fasilitas atau produk kredit bisa jadi merupakan pilihan terbaik bagi seseorang. Banyak sekali alasan seseorang yang melandasi untuk menggunakan produk kredit tanpa agunan (KTA) yang ada di bank atau lembaga keuangan lainnya. Tentu dengan mengajukan pinjaman KTA tersebut ada harapan bahwa pengajuan tersebut dapat di terima dan di setujui oleh pihak bank. Namun sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan yang ada di bank Anda tentu harus mengetahui tips agar pengajuan kredit Anda di terima. Ada banyak sekali hal yang bisa membuat pengajuan Anda cepat di setujui namun ada juga hal yang bisa membuat pengajuan KTA Anda di tolak oleh pihak bank. Hal- hal tersebut berhubungan dengan persyaratan yang di berikan oleh bank dan harus di penuhi oleh calon nasabah yang mengajukan kredit. Lalu sebenarnya apa saja hal- hal yang bisa mempengaruhi di terima dan di tolaknya pengajuan kredit khususnya KTA ini? untuk mengetahui lebih lanjut berikut kami berikan sedikit ulasannya.

kredit tanpa agunan

Pertama, penuhi persyatarannya. Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar pengajuan KTA Anda cepat di setujui adalah penuhi persyaratan yang di berikan oleh pihak bank. Hal ini paling mendasar yang harus dilakukan oleh setiap orang yang mengajukan kredit. Persyaratan seperti status kewarganegaraan, batas usia dan minimum penghasilan harus Anda penuhi. Misalnya jika minimum penghasilan harus Rp 3 juta maka penuhilah. Kemudian jangan lupa untuk melengkapi dokumen- dokumen penting lainnya karena biasanya pihak bank mewajibkan Anda untuk melengkapi dokumen yaitu seperti mengisi formulir pendaftaran, fotokopi identitas diri KTP atau Paspor, fotokopi rekening korang Anda, fotokopi slip gaji, fotokopi NPWP, dan dokumen penting lainnya yang menjadi persyaratan wajib Anda. Kedua, History Credit Yang Bagus. Hal kedua yang harus di lakukan agar pengajuan Kredit Tanpa Agunan Anda diterima adalah dengan memastikan bahwa riwayat kredit Anda bagus. Hal ini sangat penting dan menjadi acuan bank dalam menentukan apakah pengajuan kredit Anda di tolak. Jika Anda memiliki riwayat kredit yang bagus maka kemungkinan pengajuan kredit Anda diterima semakin besar. Jadi pastikan bahwa Anda kredit Anda sebelumnya tidak mengalami kredit macet atau keterlambatan pembayaran. Sepertinya hal- hal tersebut yang biasanya menjadi acuan pihak bank dalam memutuskan untuk menolak atau menerima kredit yang Anda ajukan. Apalagi kredit ini termasuk kredit yang tidak menggunakan agunan atau jaminan. Meskipun nominal yang di berikan tidak sebesar kredit yang lain tetapi pihak bank juga tidak mungkin sembarangan dalam menerima pengajuan kredit calon nasabahnya.

Tetapi, terkadang ada beberapa hal yang menjadi kecemasan tersendiri yang di alami oleh seseorang yaitu cemas apakah pengajuannya dapat di terima atau tidak. Karena ada beberapa hal yang bisa menjadikan pengajuan kredit khususnya Kredit Tanpa Agunan di tolak. Salah satu hal tersebut adalah jumlah nominal yang terlalu besar dan tidak seimbang dengan kemampuan bayar yang di milikinya. Terkadang seseorang bingung sebenarnya berapa sih nominal yang tepat yang bisa di ajukan ke bank dalam Kredit Tanpa Agunan? ada beberapa hal yang bisa menjawab pertanyaan tersebut yang menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman. Berikut beberapa hal tersebut.

Tujuan Pengajuan KTA

Sebelum Anda mengetahui berapa nominal kredit yang tepat untuk Anda ajukan adalah ketahui apakah tujuan Anda mengajukan Kredit Tanpa Agunan. Apakah tujuan Anda mengajukan KTA ini? apakah Anda gunakan untuk membiayai pernikahan, apakah untuk biaya renovasi rumah, apakah untuk biaya bisnis atau usaha ataukah ada tujuan lain? dengan Anda mengetahui tujuan mengajukan KTA Anda maka Anda akan mengetahui pula estimasi atau rencana kebutuhan dana Anda untuk tujuan Anda tersebut. sebaiknya, jika Anda sudah mempunyai tujuan yang tepat dan jelas jangan campur tujuan- tujuan lain karena nanti akan berpengaruh terhadap jumlah estimasi dana.

Lakukan Perhitungan Atau Estimasi

Setelah Anda mengetahui tujuan Anda dalam mengajukan Kredit Tanpa Agunan ini maka Anda bisa melakukan perhitungan atau estimasi untuk nominal pengajuan kredit Anda. hitung secara mendetail dan teliti seberapa biaya yang Anda butuhkan untuk dapat memenuhi kebutuhan Anda. Dari setimasi atau rencana dana yang Anda butuhkan tersebut maka Anda bisa mengetahui kira- kira berapa nominal yang Anda butuhkan dan Anda ajukan. Anda juga bisa menambahkan sedikit tambahan dana untuk berjaga- jaga misalnya 5% dari yang Anda ajukan. Namun jika Anda rasa tidak perlu maka Anda tidak perlu menambahkannya. Namun sama halnya dengan point pertama, maka Anda jangan menambah estimasi dana lain dnegan tujuan- tujuan yang lain.

Angsuran Bulanan

Setelah Anda mengetahui tujuan Anda mengajukan kredit tanpa agunan tersebut, selanjutnya Anda bisa mengukur berapa kira- kira angsuran atau cicilan setiap bulannya yang mampu Anda bayarkan. Hal ini akan mudah jika Anda mempunyai penghasilan tetap setiap bulan. Anda akan mudah dalam merinci dan mengukur kemampuan Anda dalam membayar angsuran atau cicilan kredit Anda. hitunglah berapa biaya yang biasa Anda keluarkan untuk kebutuhan sehari- hari, kemudian hitung pula jumlah hutang yang Anda miliki. Jumlah seluruh hutang yang Anda punya yang belum Anda lunasi. Pastikan bahwa cicilan dari semua hutang tersebut tidak melebihi 30% dari penghasilan yang Anda miliki. Dari situ Anda bisa memperkirakan berapa kira- kira kemampuan keuangan Anda untuk dapat membayar cicilan kredit tersebut.

Jangan Melebihi Perkiraan

Point ketiga ini hampir sama dengan point yang pertama yaitu pastikan bahwa jumlah kredit yang Anda ajukan tidak melebihi dengan perkiraan. Jika Anda sudah menghitung perkiraan dan mengetahui seberapa jumlah dana yang Anda butuhkan maka jangan mengajukan pinjaman yang melebihi dari rencana atau perkiraan tersebut. Hal itu bisa saja menjadikan pengajuan KTA Anda di tolak. Karena pihak bank menganggap bahwa pengajuan Anda tidak sesuai dengan kenyataan dana yang Anda butuhkan. Jadi, sebaiknya Anda mengajukan Kredit Tanpa Agunan nominalnya sesuai dengan kebutuhan dana Anda.

Faktor- faktor di atas merupakan hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapat jumlah nominal yang tepat untuk Anda ajukan di Kredit Tanpa Agunan (KTA). produk KTA memang merupakan produk kredit yang mudah syaratnya dan memiliki banyak kemudahan. Namun belum tentu setiap pengajuan KTA bisa di terima atau di setujui oleh pihak bank. Bahkan ada pula yang pengajuannya di terima namun jumlah nominal yang bisa di berikan tidak sesuai dengan yang di harapkan. Tentu pihak bank memiliki ketentuan tersendiri untuk menentukan keputusan tersebut. Namun Anda bisa mengantasipasinya dengan menentukan jumlah nominal yang tepat agar pengajuan Anda di terima dan jumlah yang di berikan sesuai dengan yang Anda ajukan yang menjadi kebutuhan Anda. semoga bermanfaat.

Informasi ini bersumber dari taralite.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *