Tempat Wisata Paling Menarik di Kota Pontianak

Diposting pada

AhmadKurniadi.com – Kota Pontianak merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki luas 107 m2 dengan jumlah penduduk 554.764 jiwa. Kota Pontianak menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan pemerintahan di Kalimantan Barat. Pembangunan terus berjalan seiring perkembangan waktu dan perubahan kepemimpinan. Dari yang dulunya hanya hutan belantara sekarang sudah menjadi salah satu kota besar di Indonesia. Namun terlepas dari kemajuan peradaban, Kota Pontianak memiliki sebuah mitos tentang asal usul berdirinya kota ini yang terus-menerus diceritakan dari masa ke masa. Kita bahas dulu sekilas sebelum kita masuk ke kota ini lebih dalam.

Sebelum menjadi sebuah kota, Pontianak merupakan sebuah kawasan hutan belantara yang berada di simpang tiga sungai besar di Kalimantan, yaitu sungai Kapuas, sungai Landak, dan sungai Kapuas Kecil. Pada tahun 24 Rajab 1181 H atau 23 Oktober 1771 M, rombongan masyarakat melayu yang dipimpin Syarif Abdurrahman Alkadrie membuka kawasan ini mendirikan perkampungan.

Tahukah anda, tidak mudah pada awalnya membangun pusat peradaban di Kota Pontianak? Selama proses pembukaan hutan, para rombongan terus diganggu oleh makhluk halus berwujud wanita atau yang biasa dipanggil dengan kuntilanak. Syarif Abdurrahmad Alkadrie yang menjadi pemimpin rombongan merasa gangguan dari kuntilanak ini telah membuat pekerjaannya terhambat. Ia kemudian berinisiatif untuk menggunakan meriam besar dan menembakkannya ke arah sumber gangguan. Sejak saat itu, gangguan kuntilanak berangsur-angsur menghilang dan tempat pertama kali batu meriam ditembakkan menjadi letak kekuasaan Syarif Abdurrahman Alkadrie dengan mendirikan Istana Kadariah. Syarif Abdurrahman Alkadrie pun dinobatkan menjadi Sultan Pontianak Pertama.

meriam di pontianak

Kini zaman telah berubah, Kota Pontianak yang awalnya dikenal sebagai kota hantu, kini menjadi salah satu kota wisata di Indonesia. Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang sangat sayang jika dilewatkan. Kota Pontianak memang sudah dikenal sebagai kota khatulistiwa karena kota ini dilalui oleh garis khatulistiwa. Namun tak hanya tugu khatulistiwa, masih banyak objek wisata Kota Pontianak yang patut untuk Anda kunjungi. Penasaran dengan berita terbaru ini? Berikut adalah daftar tempat wisata menarik yang terdapat di Pontianak.

Tempat Wisata Bersejarah di Kota Pontianak

Sudah menjadi rahasia umum jika Kota Pontianak memiliki berbagai tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah objek wisata kota pontianak yang mengandung sejarah.

1. Keraton Kesultanan Kadriyah

Keraton Kadriah terletak di Jalan Tritura, Pontianak Timur. Keraton ini didirikan pada tahun 1771. Mengunjungi keraton bersejarah ini, Anda akan melihat meriam kuno peninggalan bangsa Jepang dan juga Portugis saat menjajah Indonesia. Sementara di dalam bangunan, terdapat singgasana sang sultan dan juga permaisurinya lengkap dengan pakaian sultan, foto-foto, dan aneka koleksi lain yang dimiliki sultan. Koleksi unik yang akan membuat Anda berdecak kagum adalah adanya sebuah Al Quran yang berasal dari tulisan tangan Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yang merupakan sultan pertama di kesultanan Pontianak. Melihat hal tersebut, tak heran jika objek wisata kota pontianak bersejarah ini banyak digemari oleh para wisatawan.

2. Tugu Khatulistiwa

tugu khatulistiwa pontianak

Tempat Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia lainnya adalah Tugu Khatulistiwa. Tugu ini merupakan kebanggaan warga Pontianak. Tempatnya juga cukup dekat dari pusat kota karena hanya berjarak kurang lebih 3 km. Selain dapat melihat tugu, Anda juga bisa masuk ke museum yang di dalamnya berisi tentang deskripsi dan informasi terkait dengan khatulistiwa. Jika anda berada disana pada saat titik kulminasi, anda bisa merasakan tidak memiliki bayangan pada siang hari. Hal ini karena pada saat itu matahari tepat berada di atas kepala. Dan ini hanya terjadi di daerah Tugu Khatulistiwa.

3. Rumah Betang Radakng

Tempat wisata kota pontianak menarik selanjutnya adalah rumah Betang Radakng. Rumah ini sebenarnya adalah replikasi rumah adat dari suku Dayak Kalimantan Barat yang memang sengaja didirikan oleh pemerintah daerah. Menariknya, rumah ini mendapatkan penghargaan sebagai rumah adat paling panjang di Indonesia dengan tinggi 7 meter, lebar 5 meter dan panjang 138 meter. Rumah adat ini juga sering dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat, seperti pameran, pagelaran seni, dan festival lainnya.

4. Rumah Adat Melayu

Selain rumah adat Betang Radakng, tempat wisata kota pontianak yang sayang jika Anda lewatkan lainnya adalah rumah adat melayu. Rumah adat melayu juga dikenal dengan sebutan rumah kampung atau rumah kayu. Bagi masyarakat Melayu dulu, rumah ini tentu tidak asing. Namun kini, cukup banyak anak-anak Melayu yang kurang mengenal rumah adat ini. Maka dari itu untuk melestarikannya, dibuatlah Rumah Melayu. Yang membuat rumah ini begitu unik adalah bentuknya yang sederhana karena terbuat dari kayu namun tidak menggunakan paku.

5. Museum Kalimantan Barat

Museum yang terletak di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Pontianak ini merupakan objek wisata Kota Pontianak yang patut untuk Anda datangi. Sebab di dalam museum ini, Anda akan melihat berbagai barang-barang bernilai sejarah yang berasal dari berbagai jenis suku bangsa di Kalimantan Barat seperti Suku Dayak, Suku Melayu dan Suku Tionghoa. Disini, Anda dan keluarga akan mengenal lebih dalam lagi tentang keberagaman suku di Indonesia.

6. Tugu Bambu Runcing

Sama-sama terletak di Jl Jenderal Ahmad Yani, objek wisata kota pontianak yang satu ini mengandung nilai historis yang sangat tinggi. Disisi tugu ini, terdapat bambu runcing sebanyak 11 buah yang ujungnya mengarah ke atas. Tugu ini didirikan untuk memperingati perjuangan sebelas toko Sarekat Islam di Kalimantan Barat yang dibuang oleh pemerintah Belanda ke Boven Digoel, Irian Barat. Hal ini terjadi karena pemerintah Belanda khawatir meraka akan memicu pemberontakan. Selain dipanggil Tugu Bambu Runcing, tugu ini dikenal oleh masyarakat Pontianak dengan nama lain, yaitu Tugu Digulis dan Tugu Bundaran Untan.

Tempat Wisata Kreasi di Kota Pontianak

Selain deretan objek wisata bersejarahnya, Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia juga memiliki berbagai tempat menarik untuk dijadikan sebagai tempat wisata kreasi yang seru baik bersama dengan keluarga, pasangan dan juga sahabat. Berikut ini adalah tempat wisata kota pontianak menarik yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kalimantan Barat.

1. Taman Alun-alun Kapuas

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia

Pontianak memang dikenal dengan keberadaan Sungai Kapuasnya. Tak heran jika alun-alunnya pun diberi nama Kapuas. Disamping menjadi jalur untuk transportasi air, tepi Sungai Kapuas juga dijadikan oleh warga sebagai taman rekreasi menarik untuk keluarga. Objek wisata kota pontianak ini paling sering dikunjungi saat sore hari. Karena dari sana, Anda bisa melihat langit senja yang menawan. Selain itu, tersedia juga banyak sajian makanan ringan yang disajikan sampan di pinggiran sungai. Anda dapat nikmati makanan sembari melihat pemandangan Sungai Kapuas yang menenangkan.

2. Aloe Vera Center

Saat Anda berada di Kalimantan Barat, sangat sayang rasanya jika tidak berkunjung ke tempat wisata kota pontianak Aloe Vera Center. Objek wisata ini adalah tempat yang secara khusus membudidayakan tanaman lidah buaya. Lokasinya terletak di Jl Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara. Di tempat wisata ini, Anda akan melihat tanaman lidah buaya dengan ukuran yang sangat besar. Beratnya bahkan bisa mencapai 1,2 kg. Disini, Anda juga dapat menyaksikan proses pengolahan tanaman lidah buaya menjadi berbagai macam makanan seperti tepung, dodol, dan permen. Disamping itu, tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai krim perawatan kulit.

3. Kampung Beting

Tempat wisata kota pontianak seru selanjutnya adalah Kampung Beting. Kampung Beting sebenarnya adalah kampung peradaban kota Pontianak zaman dulu yang sampai saat ini masih dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang.

4. Kolam Renang JC Oevang Oeray

Anda ingin berenang? Maka mengunjungi kolam renang JC Oevang Oeray ini bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. Kolam renang ini memiliki air yang jernih sehingga wajar jika banyak wisatawan yang datang hanya sekedar untuk berenang dan bermain air di objek wisata kota pontianak ini.

Tempat Wisata Religi di Kota Pontianak

Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, yang mana meskipun berbeda suku, agama, dan lain sebagainya masyarakat Indonesia adalah satu kesatuan. Hal ini terlihat dari beberapa objek Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia terkait keagamaan yang beragam.

1. Masjid Jami Pontianak

Masjid yang berlokasi tidak begitu jauh dari Keraton Kadriah memang menjadi tempat wisata religi yang patut untuk Anda kunjungi. Masjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Sebab masjid ini merupakan saksi berawalnya Kota Pontianak. Masjid yang mampu diisi hingga 1.500 orang jamaah tersebut diusung dengan desain rumah panggung. Hal ini dilakukan untuk menghindari air banjir ketika Sungai Kapuas meluap. Setelah berkunjung dari masjid, para wisatawan biasanya akan mampu ke pasar tradisional yang terletak di sebelah kiri pintu masuk ke masjid. Datang ke pasar ini, Anda dapat membeli berbagai macam ikan segar yang diambil langsung dari Sungai Kapuas.

2. Masjid Raya Mujahidin

Selain Masjid Jami Pontianak, Anda yang ingin berwisata religi juga bisa mengunjungi tempat wisata kota pontianak yang satu ini. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, masjid megah ini juga sering dijadikan sebagai tempat wisata religi yang menarik untuk didatangi. Masjid Raya Mujahidin dibangun sejak tahun 1978.

3. Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan Pontianak Batu Layang adalah salah satu warisan Kesultanan Pontianak yang begitu dijaga hingga sekarang. Makam ini masuk menjadi aset peninggalan sang sultan selain Istana Kadriah dan juga Masjid Sultan Abdurrahman. Komplek pemakaman ini dikhususkan hanya untuk keluarga Sultan Pontianak, bukan untuk masyarakat umum.

4. Vihara Bodhisattva Karaniya Metta

Objek wisata kota pontianak religi selanjutnya adalah Vihara Bodhisattva Karaniya Metta. Vihara ini berlokasi di Kelurahan Darat Kedip, Pontianak Kota, Pontianak. Sekedar informasi terkini, Vihara ini adalah Vihara paling tua karena didirikan sekitar tahun 1645 hingga 1772 M. Di tempat wisata ini, Anda akan disuguhkan beberapa relief cantik khas Vihara.

5. Gereja Katedral Santo Joseph

Objek wisata religi selanjutnya adalah Gereja Katederal Santo Joseph. Gereja ini adalah paroki Gereja Katolik Roma yang ada di pusat daerah Keuskupan Agung Pontianak. Gereja yang diresmikan sejak tanggal 19 Desember 2014 mampu menampung hingga 3.000 orang. Yang membuat Gereja St. Yoseph ini begitu menarik adalah adanya kombinasi desain arsitektur antara masyarakat Romawi dengan Timur Tengah. Eksterior dan interior bangunannya disentuh dengan ornamen bernuansa Dayak yang kemudian dipadukan dengan gaya klasik Eropa dan nuansa khas Tionghoa.

Wisata Kuliner di Kota Pontianak

Tahukah Anda bahwa Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia terkenal memiliki aneka kuliner yang lezat dan menggugah selera. Makanan khas Pontianak ini bahkan sudah terkenal hingga pelosok negeri dan manca negara. Berikut ini adalah beberapa nama makanan tradisional lezat yang dapat dengan mudah Anda temui di Kota Pontianak.

1. Lempok Durian

Kota Pontianak terkenal dengan oleh-oleh khasnya yaitu Lempok Durian. Tak heran jika banyak para wisatawan yang rela mengelilingi Kota Pontianak hanya untuk berburu kuliner tradisional yang satu ini.

2. Madu Hutan

Selain terkenal lempok duriannya, madu hutan Pontianak juga banyak dicari wisatawan. Madu ini adalah madu yang dihasilkan oleh madu lebah hutan jenis apis dorsata. Sekedar informasi, jenis lebah hutan tersebut hanya ada di Asia. Jika bicara tentang madu, Kalimantan Barat terkenal sebagai salah satu penghasil madu terbaik. Kualitas dan juga rasanya akan membuat Anda merasakan sensasi menakjubkan saat mencicipinya.

3. Dodol Lidah Buaya

Berbeda dengan dodol pada umumnya, dodol khas Pontianak ini dibuat dengan daging lidah buaya. Selain bahannya yang berbeda, dodol lidah buaya ini juga memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda. Dodol lidah buaya teksturnya lebih berserat dibandingkan dengan dodol pada umumnya. Oleh-oleh khas Pontianak ini sangat menyehatkan karena mengandung vitamin E dan kalsium yang tinggi. Dodol ini sangat cocok untuk menemani Anda dan keluarga di waktu santai.

4. Bubur Pedas

Bubur Pedas Pontianak

Saat Anda mengunjungi tempat wisata kota pontianak, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Pontianak yang satu ini. Ya, bubur pedas merupakan salah satu makanan paling populer di Kota Pontianak. Berbeda dengan bubur pada umumnya, bubur peda ini sangat unik karena dibuat dengan bahan-bahan seperti daun lengkuas, pucuk daun pakis dan rempah-rempah lainnya. Di atas bubur, Anda akan melihat daun kesum, kacang goreng, teri dan kangkung untuk menambah cita rasanya. Mengkonsumsi bubur ini akan membuat Anda selalu rindu dengan Kota Pontianak.

5. Jeruk Pontianak

Makanan khas Kota Pontianak yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan adalah Jeruk Pontianak. Jeruk dengan nama latin citrus nobilis var. microcarpa ini adalah jenis jeruk siam yang memiliki rasa dan ciri fisik yang berbeda dengan jeruk pada umumnya. Jeruk Pontianak memiliki kulit yang mengkilat dan juga tipis. Selain itu, rasanya juga sangat manis sehingga wajar jika menjadi salah satu komuditi buah-buahan yang diunggulkan di Kota Pontianak. Pada dasarnya, jeruk ini bukan hasil pertanian di Kota Pontianak sebab sentra tanaman jeruk ini berada di Kecamatan Tebas, Sambas. Hanya saja, masyarakat Indonesia sudah familiar dengan sebutan jeruk Pontianak.

6. Warung Kopi

Anda pecinta kopi? Anda tidak akan salah mengunjungi kota Pontianak karena telah mendapat julukan kota seribu warung kopi. Anda tidak akan susah memilih warung kopi, malah anda sendiri akan bingung warung kopi mana yang bisa anda sambangi. Jika anda ingin ngopi di salah satu tempat paling enak di Pontianak, Warung Kopi Asiang bisa dijadikan pilihan terbaik. Jika dilihat dari tampilan luar, warung ini mungkin akan terlihat sama dengan warung kopi pada umumnya. Namun, cita rasa dan penampilan kopi Asiang inilah yang menjadikannya berbeda dan layak untuk Anda coba. Asiang sebenarnya adalah nama dari pemilik kedai kopi yang terletak di Jl. Merapi Pontianak. Sang pemilik kedai kopi ini, sekarang berumur 60 tahun lebih. Dan yang menjadi ciri khas warung kopi ini, pak Asiang sangat jarang menggunakan baju ketika menyajikan kopi buatannya.

7. Sotong Pangkong

Anda ke berbagai tempat wisata kota pontianak namun tidak mencicipi kuliner khas Sotong Pangkong? Maka dijamin Anda pasti akan menyesal. Pasalnya Sotong Pangkong Pontianak terkenal dengan kelezatannya. Sayangnya, kuliner khas Pontianak ini hanya ramai muncul ketika bulan Ramadhan. Bagi Anda yang belum tahu, Sotong Pangkong adalah cumi-cumi yang sudah dikeringkan kemudian dipanggang. Setelah proses pemanggangan, sotong akan dibuat empuk dengan cara dipukul-pukul. Rasa nikmat sotong ini akan lebih terasa saat Anda melumurinya dengan sambal asam pedas manis atau kuah sambal kacang. Rasa gurih dan lezatnya akan lebih menggugah selera. Pusat penjualan sotong pangkong pada saat bulan Ramadhan berada di sepanjang Jl, Merdeka.

8. Mie Tiaw

Sangat tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Kota Pontianak tapi tidak mencicipi lezatnya rasa Mie Tiaw. Anda bisa menikmati mie tiaw dengan cara digoreng ataupun di siram dengan kuah hangat yang lezat. Mie ini dikombinasikan dengan jeroan, daging sapi, daun sawi, telur dan juga toga yang dijamin akan membuat Anda semakin ketagihan. Rasanya akan lebih nikmat jika Anda memakannya selagi panas.

9. Pisang Goreng Srikaya

Memang, tak ada yang unik dari pisang goreng. Sebab pisang goreng adalah jajanan yang dapat Anda temui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia. Lalu, apa yang membuat pisang goreng Pontianak begitu menarik? Pisang goreng Pontianak berbeda karena dibalur dengan selai srikaya yang manis dan segar. Selain itu, pisang goreng khas Kota Pontianak ini juga sangat renyah. Salah satu yang menjadi tempat favorit saya membeli pisang goreng srikaya ada di Toko Sukahati yang terletak di Jl. Tanjungpura. Selain menjual goreng pisang srikaya, anda juga bisa menikmati secangkir kopi sambil bercengkerama bersama kolega anda.

10. Es Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu komuditas yang menjadi andalan Kota Pontianak. Hal inilah yang membuat banyak olahan makanan yang dibuat dari tanaman lidah buaya, beberapa diantaranya adalah permen, kerupuk, dodol, sirup dan lain sebagainya. Namun, es lidah buaya adalah makanan olahan dari tanaman lidah buaya yang harus Anda coba. Sebab es ini sangat sulit Anda temui di berbagai tempat selain di Kota Pontianak. Selain segar dan nikmat, es ini juga mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

11. Kue Bingka

Pergi ke tempat wisata kota pontianak tapi tidak membawa oleh-oleh kue bingka? Tentunya Anda akan sangat menyesal. Pasalnya, kue bingka adalah makanan khas Pontianak yang sangat terkenal bahkan hingga pelosok negeri. Jika anda ingin merasakan nikmatnya kue bingka, anda bisa datang di toko Bingka Khatuliswa di Jl. Adi Sucipto.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa menjadikan Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia. Semoga ulasan ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang hendak pergi ke kota Pontianak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *