Tips Memilih Flashdisk Lebih Hemat dan Cerdas

Diposting pada

AhmadKurniadi.com – Saat ini banyak penyimpanan berbentuk kecil tetapi memori yang tersimpan sangat lapang. Flashdisk yang awalnya hanya berukuran 1 hingga 4GB, kini memori flashdisk atau USB Memori stick terus bertambah besar kapasitasnya bahkan hingga mencapai 512GB.

tips memilih flashdisk

Kini bentuk dan kapasitas flashdisk atau USB Memori Stick memiliki penyimpanan beragam serta banyak yang sudah menggunakan USB dengan tipe terbaru yakni USB 3.0. Untuk itu sebelum memilih flashdisk atau USB Memori Stick ada baiknya memahami barang yang akan dibeli tersebut. Berikut ini cara memilih flashdisk yang cocok untuk Anda :

  1. Carilah flashdisk sesuai kapasitasnya. Carilah flashdisk yang sesuai dengan kapasitas yang diinginkan sebaiknya jangan memilih kapasitas yang lebih kecil dari 64GB karena harga yang ditawarkan biasanya lebih mahal dari flashdisk yang lebih besar kapasitasnya bahkan Anda harus membayar dua kali bahkan hingga empat kali lebih mahal dengan penyimpanan yang lebih kecil.
  2. Pilih Flashdisk sesuai anggaran. Jika Anda membeli secara online, pastikan Anda mengetahui harga resmi dan biaya kirimnya sehingga Anda tidak kaget dengan biaya yang harus dibayar oleh Anda. Pilih flashdisk yang sesuai dengan keuangan Anda.
  3. Pilih versi USB 2.0 atau USB 3.0. Bagi Anda yang tidak memerlukan kapasitas besar maka cukup membeli flashdisk dengan USB 2.0 dengan kapasitas yang lebih kecil tetapi tentunya kecepatan transfer data lebih lambat. Sedangkan USB 3.0 dibanderol dengan harga lebih mahal tetapi penyimpanan lebih besar dan kecepatan transfer data lebih cepat.
  4. Pertimbangkan Konektor microUSB. Jika Anda berencana untuk memindahkan file dari dan ke perangkat portabel (seperti tablet atau smartphone), pertimbangkan memory stick atau flashdisk dengan konektor microUSB dan ukuran penuh USB versi satu.
  5. Hindari membeli memori stick Anda dari penjual tidak resmi. Biasanya para penjual secara online ada yang menjual flashdisk palsu. Seperti beberapa kejadian sering tercantum memori flashdisk 16GB tapi ternyata isinya setelah dimasukkan data hanya 8GB.
  6. Pertimbangkan Membeli SSD. Jika Anda menginginkan penyimpanan data di atas 128GB, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli SSD (Solid State Drive) jika Anda ingin ketangguhan, portabilitas, fleksibilitas dan kinerja yang lebih baik.
  7. Kapasitas cenderung di bawah dari yang tertera. Perhatikan bahwa semua kapasitas yang tercantum di flashdisk cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan yang tercantum ketika mereka diformat dan ketika dipasang pada sistem operasi.

Sedikit tips memilih flashdisk ini sekiranya dapat membantu anda, tapi semua itu kembali kepada Anda sebagai pengguna. Apakah akan memilih flashdisk versi USB 2.0, Versi USB 3.0 atau menggunakan SSD (Solid State Drive).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *